Saturday, November 27, 2010

Buku Pelajaran Manga Jepang

Buku Pelajaran Manga Jepang

Sewaktu aku ke rumah ayah mertuaku, aku menemukan sebuah buku tua tentang sejarah bangsa dan negara Jepang. Buku berjudul 'NIHON NO REKISHI' (SEJARAH JEPANG) ini ditulis dalam bentuk 'MANGA' (KOMIK Jepang) dalam bahasa Jepang tingkat sederhana dengan hurup HIRAGANA dan KATAKANA dengan sedikit hurup KANJI . Walaupun tidak mengerti hurup KANJI, tapi karena bisa membaca hurup HIRAGANA dan KATAKANA maka buku ini masih bisa aku baca pelan2. Apalagi ini buku komik dengan gambar2 yang ceritanya mudah dimengerti. Setelah aku katakan bahwa aku suka membaca dan suka ilmu sejarah dan ingin mempelajari sejarah Jepang, ayah mertuaku meminjami buku MANGA ini yang kesemuanya 18 jilid-walaupun jilid 12 dan 13 tidak ada hilang entah kemana. (>>Click READ MORE baca selanjutnya)



Ternyata buku2 MANGA ini dibaca isteriku dan saudara2nya saat masih anak2. Jadi walaupun ditulis dengan serius sebagai buku pelajaran sejarah tapi bahasanya bahasa Jepang tingkat sederhana untuk dibaca anak2 sekolah. Sehingga berguna untuk aku mempelajari sejarah Jepang sekaligus belajar bahasa Jepang sederhana sambil menikmati gambar2 komiknya yang bagus. Diawali jilid pertama tentang 'babad' asal mula bangsa Jepang saat 'JOMON JIDAI' (ZAMAN 'JOMON' atau ZAMAN JEPANG PURBA) tahun 8000 BC. (Sebelum Masehi) sampai jilid ke-18 tentang bangsa Jepang MODERN setelah Perang Dunia Kedua.



Menurut buku ini, nenek moyang bangsa Jepang diduga berasal dari ASIA SELATAN yaitu saat daratan Jepang masih bersatu dengan daratan ASIA sekitar 20.000 tahun yang lalu. Sebagian juga berasal dari daerah UTARA Jepang dan dari kawasan sekitar PASIFIK. Nenek Moyang bangsa Jepang ini telah menjadi bangsa PEMBURU dan PENANGKAP IKAN. Mereka memburu babi hutan dan MAMMOTH (Gajah Purba) yang hidup di daratan Jepang dan daratan Asia ribuan tahun lalu.



Perkembangan bangsa dan kebudayaan Jepang kuno banyak dipengaruhi oleh kebudayaan CHINA dan KOREA karena peradaban China dan Korea lebih dahulu maju yaitu saat KEKAISARAN DINASTY QIN di daratan China dan KERAJAAN PAEKCHE di daratan Korea. Terutama dalam ilmu bercocok tanam, teknologi besi dan tembaga, arsitektur, literatur dan perkembangan agama Buddha. Walaupun Jepang adalah negara bangsa Asia yang tak pernah mengalami penjajahan oleh bangsa asing, namun dalam sejarahnya pernah 2x diserang oleh KEKAISARAN MONGOL pada pemerintahan KUBLAI KHAN pada abad ke-12 (yang juga pernah menyerang kerajaan SINGOSARI di NUSANTARA).



Kedua serangan besar2 an Kekaisaran Mongol ini mengalami kegagalan disebabkan oleh angin TYPHOON besar yang menghancurkan armada laut tentara Mongol. Sehingga menurut keyakinan SHINTO Jepang, kedua angin TYPHOON besar ini adalah angin kiriman para DEWA dan disebut ANGIN DEWA atau KAMIKAZE. Hal ini menimbulkan MYTHOS bangsa Jepang sebagai bangsa pilihan dewa dengan KAISAR Jepang sebagai Keturunan DEWA MATAHARI yang melahirkan NASIONALISME Jepang dan kemudian dimanfaatkan oleh MILITER Jepang untuk akhirnya membawa negara Jepang ke PERANG DUNIA I dan PERANG DUNIA II.



Membaca buku2 Komik MANGA Sejarah Jepang ini mengingatkan aku saat masih senang membaca komik Indonesia seperti: Si Buta Dari Goa Hantu, Pendekar Bambu Kuning, Gundala Putra Petir atau Serial Khoo Ping Hoo yang juga ber-jilid2 panjangnya. Memang bangsa Jepang punya budaya KULTUR MANGA (KOMIK) sehingga di Jepang orang dewasa pun baca komik DORAEMON. Dan JAPANESE MANGA dan JAPANESE ANIME ( film ANIMASI Jepang) kini amat populer di PERANCIS dan AMERIKA. Tapi aku pikir bagus juga buku pelajaran sejarah dalam bentuk KOMIK sehingga pelajaran sejarah tidak membosankan dan bisa dengan sambil baca 'KOMIK'. ADA2 SAJA ORANG2 JEPANG INI PINTAR DAN BANYAK AKALNYA.

No comments:

Post a Comment