Tuesday, August 16, 2011

Mahasiswa FBS Unimed Difokuskan Ciptakan Karya Lokal PDF Print E-mail
Articles | Medan
Written by Syafri Harahap on Friday, 17 June 2011 04:27
MEDAN (Waspada): Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan (Unimed) konsern untuk menghasilkan karya dengan konsep delapan etnis budaya yang ada di Sumut. Untuk itu, maka seluruh karya dosen maupun mahasiswa harus memfokuskan kepada budaya lokal.


Hal itu diungkapkan Pembantu Dekan I FBS Unimed Dr. Isda Pramuniati, di selasela pameran bersama fotografi, desain grafis dan ilustrasi serta seminar di Gallery Seni Rupa Unimed, Selasa (14/6). Acara tersebut turut dihadiri Seniman Muscogee (keturunan Indian Amerika) yaitu Bobby C Martin yang pernah menjabat sebagai Associated Profesor bidang Visual Art di John Brown University in Siloam Springs, Arkansas.


Isda menyebutkan, FBS Unimed saat ini tengah mengubah kurikulum untuk lebih cenderung dalam analisis budaya produk dari Sumut.


Koordinator pameran bersama yang juga dosen pembimbing dan dosen fotografi FBS Unimed Drs. Fuad Erdansyah, MSn menyebutkan, pameran yang digelar mulai tanggal 1417 Juni 2011 ini menampilkan karya anak mahasiswa FBS semester delapan juga semester enam. Karya yang ditampilkan, sebanyak 30 jenis karya seni grafis, 60 karya illustrasi dan 90 karya fotografi.


Fuad menyebutkan, pemeran ini sebenarnya merupakan ajang bagi mahasiswa semester delapan untuk mencapai tingkat sarjana. Namun, secara tidak langsung, pameran itu juga sebagai ajang untuk evaluasi dan kompetisi bagi sesama mahasiswa. “Pameran ini sebenarnya di luar kurikulum dan ini inisiatif dari kita sebab pameran ini juga penting bagi mahasiswa untuk dokumentasi mereka meraih portofolio nantinya,” terang Fuad sembari menyebutkan kegiatan pameran bersama itu diikuti sebanyak 115 orang mahasiswa FBS Unimed.


Ketua Jurusan Seni Rupa FBS Unimed, Drs. Zulkifli, MSn menyebutkan, pameran merupakan keharusan bagi seorang perupa, seniman atau calon perupa seperti mahasiswa sebab, dengan pameranlah mereka dapat mempublikasikan karyanya pada masyarakat pecinta seni agar bisa diapresiasikan dan dikritik. (m41)



No comments:

Post a Comment